Peran Teknologi Dalam Bidang Kesehatan

f:id:allanyarsi:20200411135412p:plain

Teknologi bisa dianggap bidang yang sangat berjasa terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Kemajuan teknologi dan informasi memberikan banyak manfaat bagi umat manusia, salah satunya pada bidang kesehatan. Berkat Markmene.com eknologi, para dokter dan tenaga medis lainnya pun merasa sangat terbantu dalam melakukan pekerjaan mereka masing-masing. Berikut ini adalah beberapa contoh pemanfaatan teknologi di bidang kesehatan.

1.Terapi Penyembuhan Autisme Dengan AR Glasses

Untuk penderita autisme, jenis interaksi sosial sehari-hari yang biasa dianggap remeh bisa menjadi suatu tantangan yang sangat sulit untuk dihadapi. Kalau tidak segera diatasi dan dibiarkan begitu saja kesulitan tersebut akan terus berlarut-larut bahkan hingga dewasa hingga mencapai lingkungan kerja. Karena hal tersebut, pada akhirnya sebuah perusahaan yang berlokasi di Cambridge memutuskan untuk membuat sebuah platform Augmented Reality yang bisa membantu para pasien autisme dalam berinteraksi dengan orang lain, sebuah kacamata pintar yang menggunakan teknologi pelacakan emosi yang luar biasa.

2.Pengobatan Alzheimer Dengan Teknologi Virtual Reality

Virtual Reality (VR) telah menjadi trend khususnya di industri game seperti Playstation yang kini sudah memiliki PS VRnya sendiri. Khusus dalam bidang kesehatan, para dokter di rumah sakit Visiting Angels kini telah menggunakan Virtual Reality untuk pengobatan Alzheimer. Berkat teknologi VR ini, para pasien Alzheimer juga menjadi sangat mudah dideteksi.

3.Imaginary Friend Society, Aplikasi AR Untuk Penderita Kanker Anak

Sebuah aplikasi Imaginary Friend Society telah untuk menghibur anak-anak penderita kanker. Mengingat tidak semua orang terutama anak-anak dapat melewati pengobatan kanker dengan cukup tegar maka diharapkan dengan hadirnya aplikasi ini dapat membantu mereka agar bisa lebih kuat menjalani rehabilitasi dan proses penyembuhan. Teknologi merupakan teknologi di bidang kesehatan yang dapat membantu pasien anak-anak memahami berbagai aspek kanker dengan cara yang lebih ringan. Lewat serangkaian 22 film animasi pendek, Imaginary Friend Society menjelaskan berbagai jenis topik tentang kanker yang lebih mudah dipahami oleh anak-anak.

4.Mengatasi Fobia Dengan Teknologi AR

Beberapa waktu yang lalu, para ahli di Institut Fraunhofer untuk Teknik Biomedis IBMT melakukan kerja sama dengan Promosi Perangkat Lunak GmbH, Saarland University dan Saarland University Medical Center untuk mengembangkan teknologi di bidang kesehatan. Mereka  membangun sistem terapi digital jenis baru yang dirancang untuk memungkinkan terapi pemaparan di lingkungan rumah tangga terutama untuk fobia. Sistem ini terdiri atas lingkungan terapi digital, sensor, dan kacamata augmented reality (AR). 

Demikianlah informasi seputar peran teknologi dalam bidang kesehatan, semoga informasi ini bisa memberikan tambahan wawasan bermanfaat bagi Anda. Kunjungi https://www.markmene.com/ bagi Anda ingin mendapatkan tambahan artikel-artikel bermanfaat lainnya seputar teknologi, gadget, dan yang lainnya.